Alat Output Komputer

 Definisi Alat Output Komputer

Suatu alat yang menyajikan dan mengirimkan data dari komputer kepada pengguna. Alat output yang berfungsi untuk mempresentasikan hasil permrosesan data atau hal-hal yang diinginkan. Termasuk di dalamnya adalah layar monitor, printer, pengeras suara, dan lain sebagainya.

Macam- Macam alat output komputer

Macam- Macam alat output komputer yaitu ada output suara , output tulisan, output cahaya/foto/gambar/video, dan output gerakan/posisi.  

1. Perangkat output suara adalah perangkat yang menghasilkan audio dari hasil pemrosesan komputer. Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk mendengarkan suara atau audio yang dihasilkan oleh komputer. Seperti Speaker atau pengeras suara, Headphone atau earphone, dan Headset. 



2. Perangkat output adalah perangkat yang berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan dan pemrosesan data dari komputer dalam berbagai informasi kepada pengguna. contohnya yaitu :
  • Monitor: Menampilkan data berupa teks, grafis visual, dan interaksi perangkat input dengan perangkat lunak pada komputer.
  • Printer: Mencetak data seperti gambar/foto dan tulisan pada media kertas.
  • Projector: Menampilkan hasil desain grafis dalam ukuran besar.


3. Alat output cahaya adalah perangkat yang digunakan untuk menghasilkan cahaya sebagai output. contohnya dimmer lampu LED, dan sensor LDR.

  • Dimmer Lampu LED Strip: Dimmer Lampu LED Strip adalah alat pengatur kecerahan cahaya LED Strip yang menghasilkan output cahaya dan terhubung ke sumber daya DC 12V atau 24V.
  • Sensor LDR: Sensor LDR adalah alat deteksi cahaya yang menghasilkan output suara dan terhubung ke modul Arduino



4. Alat Output gerakan/posisi mengacu pada perangkat yang menampilkan atau mengeluarkan informasi terkait gerakan atau posisi. contohnya plotter

  • Plotter: Perangkat yang digunakan untuk mencetak gambar berukuran besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan












https://www.google.co.id/books/edition/Sistem_Informasi_Manajemen_ed_10/2aXEg7DtCS0C?hl=id&gbpv=1&dq=alat+input+komputer&pg=PA120&printsec=frontcover

Ali, K. (2018). Pengambilan Keputusan Berbasis Komputer dalam Perspektif Sistem Informasi Manajemen. Meraja journal, 1(3).

https://tekno.kompas.com/read/2023/09/02/18010077/macam-macam-perangkat-output-komputer-lengkap-dengan-jenis-dan-fungsinya

https://www.kompas.com/skola/read/2021/06/22/132451769/komponen-komputer-input-output-processing-dan-storage-device?page=all

https://www.kompas.com/skola/read/2021/06/22/132451769/komponen-komputer-input-output-processing-dan-storage-device?page=all

https://www.baktikominfo.id/id/informasi/pengetahuan/10_macam_perangkat_output_komputer_beserta_fungsinya-655

https://kursuselektronikaku.blogspot.com/2019/04/membuat-alat-deteksi-cahaya-snsor-ldr.html



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat Input Komputer

Manajemen Sistem Informasi